Rabu, April 08, 2009

Ciamis, Kota Pensiun ?

Kotanya bersih.. Penduduknya ramah.. Banyak Taman.. Mesjidnya pas di tengah – tengah kota besar dan asri demi menambahkan kekhusyuan beribdah sepertinya..


Beberapa hari yang lalu saya dan teman – teman yang diberikan ‘amanah’ oleh ITB untuk membuat sebuah Sistem Informasi Spasial di Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat berkaitan dengan tanaman jarak yang bakal dijadikan modal Indonesia untuk program energi alternatif.  Demi menjalankan amanah bangsa dan almamater, berangkatlah 7 orang ke Ciamis untuk survey pendahaluan dan memastikan keberadaan data – data yang ada di dinas.  Kami ditempatkan di desa Sirna Jaya, desa yang menjadi pelopor tanaman jarak dan memiliki misi untuk menularkan 10 desa lainnya di kecamatan Rajadesa untuk menanam tanaman jarak.  Suasana pedesaan memang sangat berbeda dengan kota, rasanya beban yang ada terangkat untuk sejenak.
2 hari satu malam kami keliling – keliling Ciamis, Kantor Kecamatan

è

Kantor Desa

è

KUD

è

BPN

è

Dinas – dinas.  As we planned, we get what we needed.  Nah, satu hal yang sebenernya kami cari selain data, yah biasa lah anak muda nyarinya pemuda (read : pemudi) juga.. Hehehe..

Nah, ternyata satu hal yang kami amati, di Ciamis ini kurang benyak pemudanya.. Katanya sih, karena kota Ciamis ini kota pelintasan jadi banyak pemuda pemudinya ketarik ke kota – kota sekitar, kaya Cirebon ama Tasikmalaya alhasil jadi sepi pemuda.. Pantes aja bersih dan asri ya, soalnya jarang yang buat rusuh.. hahaha..

yah, itu cuma hipotesa sih belum dibuktikan dengan data, jadi cuma opini belaka.. :p

Haha.. kayanya Ciamis ini cocok yah untuk kota pensiun.. Jadi berencana untuk pensiun di Ciamis, jauh dari keramaian dan beban.. :D

0 komentar:

  © Blogger template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP